Puncak Gunung Lawu

Menggapai Puncak Gunung Lawu, Si Mistis di Jawa Timur

Karena hal terpenting dalam pendakian bukan hanya puncak tertinggi, tetapi proyeksi diri dari semua keterampilan pribadi. Juga, perjalanan ke gunung sebenarnya bukan hanya masalah menemukan, tetapi perjalanan yang berarti untuk mengikat ikatan.

Ya, itulah arti pendakian bagi saya, yang masih tergolong pendaki pemula atau mungkin saya lebih suka memanggilnya traveler. Ya, buat ikatan dengan orang baru yang Anda temui ketika Anda berada di jalur hiking, dan jalin hubungan dekat dengan teman-teman dengan lelucon yang keluar dari mulut Anda.

Pendakian ini sebenarnya adalah pendakian yang direncanakan dengan saksama oleh teman saya bernama Rahman, karena dia sangat suka mendaki, bahkan lebih dari 17 gunung yang telah dia capai. Bagi saya, ini adalah pendakian ketiga saya setelah Gunung Merapi pada 2015 dan Gunung Prau pada 2017. Awalnya, saya tidak punya niat untuk mendaki sama sekali karena trauma ketika teman-teman yang dingin mencapai puncak Gunung Merapi.

Tetapi akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti pendakian Gunung Lawu dari Jakarta dengan kereta api (Rahman dan saya), sementara teman-teman saya yang lain, Sukma dan Nurul, meninggalkan Kalimantan dan berjanji untuk bertemu di Jebres Solo.

Pada awalnya, saya pikir itu adalah perjalanan yang sia-sia, tetapi sungguh jika saya bisa memutuskan. Sejak saya memulai dunia perjalanan, ini adalah pengalaman paling berharga dalam hidup saya. Perjalanan dengan anggaran rendah dengan kereta api, hilang di posisi 4 dan stasiun Bulak Peperangan dibakar. Ada banyak cerita lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Pasar Senin Menuju Solo Jebres, kereta juga bisa berteman

Sebenarnya, tujuan saya bukan untuk hiking atau membuktikan bahwa saya bisa mendaki Gunung Lawu, yang merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur. Tapi, lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-teman yang belum pernah bertemu (Sukma dan Nurul) dan, tentu saja, mereka ingin lebih mengenal Rahman, karena sebenarnya saya bertemu dengannya ketika ia melakukan perjalanan ke suku Baduy, 2 bulan sebelum eskalasi ini.

Dengan perjalanan lebih dari 8 jam, Rahman dan saya menghabiskan banyak waktu berbicara, berbagi tentang perjalanan, romansa dan hal-hal yang tidak penting. Suasana di kereta juga sangat nyaman, bersih dan tentu saja tidak kelaparan karena sudah ada kantin dan para pelayan kadang-kadang juga menawarkan makanan dan minuman.

Selain itu, bepergian dengan kereta api juga memberikan pengalaman yang tidak bisa dinilai dalam rupee. Adegan epik saat bepergian dari jendela kereta api juga benar-benar anugerah yang tidak boleh dilewatkan seperti ini tanpa harus menikmati dan menangkapnya di lensa kamera.

Mendaki dengan sekitar 12 jam ke puncak Hargo Dalem, tekad dan kesabaran akan benar-benar dicoba

Kali ini, pendakian itu ditemani oleh teman-teman yang sangat asyik, tetapi kenyataannya di atas gunung mereka akan menunjukkan semua sifat asli mereka. Awalnya, perjalanan ini santai dan dipenuhi dengan kebahagiaan ke posisi 3, hingga akhirnya kejadian setelah acara mulai menguji kesabaran, solidaritas dengan keegoisan.

Kondisi tubuh yang mulai lelah, beban yang berat pada bahu hingga kemiringan terus menerus dari kemiringan 60o-85o menyebabkan kondisi fisik menurun secara drastis. Perselisihan di antara kami mulai ada sedikit demi sedikit, karena keinginan yang berbeda, di mana beberapa ingin beristirahat dan yang lain ingin melanjutkan karena waktunya sudah terlambat.

Tidak hanya itu, kejadian yang hilang di Game 4 juga terjadi pada kami. Memang benar, jika Gunung Lawu terkenal dengan mistisismenya, dan kami juga minta maaf. Kami perhatikan ketika ada burung jalak di depan kami yang tampaknya menghalangi langkah, dan kami memutuskan untuk berbalik.

Tidak hanya itu, setelah memasang tenda 5, tepat sebelum jam 6:00 malam. dengan kondisi tubuh yang lelah dan rasa lapar mulai mendekat. Di pagi hari atau jam 2:00, kami harus berdoa dan merasakan perasaan takut yang benar-benar luar biasa, karena di pos gupak tidak ada kebakaran hebat akibat ulah pendaki yang tidak bertanggung jawab.

Sangat sulit untuk membuat keputusan untuk tetap tinggal di toko dan membiarkan suara-suara pendaki dan penjaga melewati dengan ungkapan: “Ada api, semua pendaki harus turun.” Tapi apa yang bisa kita lakukan jika kita mengikuti saran ranger? Kita juga tidak bebas dari bahaya, karena keadaan tubuh yang tidak memungkinkan untuk berjalan. Mulai dari bahaya hipotermia, hingga pingsan karena kedinginan dan berlanjut jika dipaksakan.

Warung Mbo Yem, Warung tertinggi di Indonesia menjadi saksi keindahan Gunung Lawu

Warung Mbok Yem, adalah pos tertinggi di Inodesia karena terletak di ketinggian sekitar 3.300 meter di atas permukaan laut. Setelah pagi mendekati, kami melanjutkan perjalanan kami dari pos 5 ke puncak dan tentu saja semua barang yang kami bawa diturunkan di Warung Mbok Yem yang merupakan pos tertinggi di Indonesia.

Sebelum pelacakan, kami juga menghabiskan malam di Warung Mbok Yem dengan pendaki lain, karena kami tidak lagi ingin memasang tenda untuk menghemat energi dan waktu. Hingga pagi hari akhirnya datang dengan matahari dan matahari terbenam yang indah, meskipun udara dingin menembus ulu hati.

Setelah sarapan, kami memutuskan untuk menjelajahi Drajat Spring, lalu langsung menuju tiang panjat lagi. Tidak jauh berbeda ketika naik, ketika kita turun kita juga masih berjuang dengan sisa energi yang tersedia dan, tentu saja, tekad untuk kembali dengan aman. Karena tujuan mendaki bukanlah untuk mencapai puncak, tetapi melawan ego dan pulang dengan selamat.

Hanya Stasiun Jebres, yang menjadi saksi bisu gunung mistis Gunung Lawu Nan

Stasiun solo Jebres menyambut kami dari Jakarta dengan gembira dan meluncurkan kami dengan suasana yang menyenangkan. Karena pendakian ini, kami menggunakan kereta, tentu saja, Solo menjadi salah satu saksi bisu kisah dramatis ketika ia mencapai puncak Gunung Lawu. Stasiun Jebres adalah salah satunya, stasiun dengan bangunan bersih yang dibangun pada 1884 oleh Staatspoorwegen (SS).

Stasiun Jebres terletak di Jebres, yang dulunya di bawah Kasunanan Sanakarta. Atas inisiatif Susuhunan Pakubuwono X (dinobatkan antara tahun 1893 dan 1939), stasiun yang melayani rute timur Solo melalui Sragen memiliki arsitektur India yang indah dan megah yang dirancang oleh Thomas Karsten.

Ketika Anda pertama kali menginjak stasiun ini, di sini Anda merasakan suasana khas Solo, yang penuh dengan kesopanan. Petugas kereta api yang ramah dan papan informasi yang jelas membuat kami merasa kewalahan mencari alamat kami berikutnya.

Di masa lalu, Yogyakarta adalah kota yang selalu ingin saya kunjungi, dan sekarang hanya terbuka, tetapi ada Solo karena suasana kota ini juga sangat cocok untuk pelancong dan tentu saja sangat mudah dijangkau dengan kereta api. Jangan salah, bepergian dengan kereta api juga sangat menyenangkan.